Minggu, 24 Oktober 2010

STRATEGI PEMASARAN "ANDROID QWERTY TYPE Wiigo T1"





Penampilan awal Wiigo T1 tak ubahnya ponsel merk lokal. Bongsor, dengan keypad Qwerty. Beda dengan ponsel Android kebanyakan yang mengandalkan layer sentuh dengan interface utama. Kondisi ini diperparah dengan material cover plastic yang terkesan ‘murahan’. Kurang elegan dan mewah. Wiigo T1 merupakan ponsel Android bermerk paket lokal bundling operator (Indosat), yang dibandrol dengan harga cukup miring. Di bagian depan tertananm LCD TFT 65k warna berosolusi 320x240 piksel dengan diagonal 2. 5 inci. Lumayan luas untuk menampilkan jajaran menu utama di bagian bawahnya bercokol keypad QWERTY 35 tombol dengan tekstur yang rapat dan agak menyembul. Material plastiknya lumayan kompak, namun sedikit membal saat ditekan untuk pengetikan. Untuk panel control menu Wiigo T1 menyediakan trackball yang diapit sederet softkey dengan beberapa fungsi khusus. Ada tombol menu, back, call / end call serta tombol cepat kamera (Tabloid Pulsa, Edisi: 193, Hal: 6, 2010).



Sistem Operasi dan Paket Bundling
Ada tiga paket yang ditawarkan. Pertama, “paket Mail” yang layanan datanya menyangkut Wmail, Wiigo Massenger, Facebook, Yahoo Massenger, MSN, dan OCDG. Kedua “ Paket Sosio” yang menawarkan layanan akses jejaring social (Facebook & Twitter) dan Instang Messenging plus ODCG tanpa Email. Ketiga, “Paket Reguler” yang meliputi semua layanan yang standar dua paket di atas plus fasilitas browsing.



Fungsi Kamera
Wiigo T1 ditananmkan lensa beresolusi 2MP (1600x1200 piksel). Dengan hasil foto yang cukup terang, bisa mengirim MMS / Email engan cara online via aplikasi khusus (Bloo). Kamera Wiigo bisa juga untuk merekam video format klip filmnya adalaj 3gp. Gambar yang beresolusi 1.3MP (1280x1024 piksel) kekurangan kamera Wiigo T1 pengaturan picture size tidak bisa diakses dan harus menyisipkan memori lebih dulu untuk bisa menggunakan kamera. Kamera Wiigo T1 memang tak dilengkapi autofokus bahkan untuk pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya, tak disediakan lampu flash.

Rasanya sulit menggelontorkan ponsel Android tanpa menggandeng operator. Pasalnya, Ponsel Android sangat haus koneksi data. Ponsel Android akan optimal jika terus terkoneksi dengan jaringan data. Demikian yang dilakukan Wigo, pabrikan ponsel lokal, yang menggandeng Indosat untuk meluncurkan produk perdananya.


Specifications :
Product Info
Brand Wigo
Model T1
Price IDR 1,400,000.00
General
2G Network 800/1800/1900

Size
Dimensions 110 x 63 x 14 mm
Weight 125 gr
Display
Type TFT

Resolution 320 x 240 pixels

Diagonal 2.5 inchi

Color Depth 65K colors

Others - Trackball
- Full QWERTY keypad
Sound
Ringtone MP3

Others - Vibration
- Speakerphone
- 3.5 mm audio jack


Memory
Internal 128 MB
External microSD, up to 8GB

Data Transfer
GPRS Class 10

EDGE EDGE

Bluetooth v2.0 with A2DP Profile

USB Yes, v20 microUSB
Camera
Primary 2 MP, 1600x1200 pixels

Others - Video recorder
Other Features
OS Android OS 1.6

Processor PXA310 624 Mhz
Messaging SMS • MMS • Instant Messaging • E-mail
Multimedia Music Player • Video Player
Battery
Capacity 1000 mAh
Standby Time 100 Hours
Talk Time 3 Hours
Pemutar Musik / Video



Wiigo T1 dibekali pemutar media khusus untuk musik kita bisa menemukan icon menunya langsung di layer utama. Disuguhi 4 ikon pengelompokan lagu berdasarkan artis lagu atau playlist. Beda dengan video harus membuka via gallery. Tampilan media pada saat beroperasi tergolong nyaman. Untuk output Wiigo T1 terbilang jernih dengan speaker tepat disamping kamera dan suara yang cukup keras dengan dominasi suara treble. Dengan kualitas audio yang lebih maksimal player musik Wiigo T1 tak menyediakan pilihan equalizer.



Internet pada Wiigo T1
Wiigo T1 mengandalkan jalur EDGE dalam kecepatan akses dunia maya. Untuk internetan Wiigo T1 menanamkan browser khas ponsel Android termasuk fitur standar terkati menelusuri hala,an situs salah satunya kemampuan membuka beberapa halaman sekaligus dan melakukan bookmarking.



Opini
Dengan pemberlakuan paket bundling dan langganan layanan datanya bakal jadi batu sandungan ditambah system dan fasilitas bawaannya pun belum bisa dinikmati secara maksimal, meskipun sudah melakukan registrasi dan berlangganan data yang ditawarkan operator. Ponsel ini dilihat dari tampilannya terutama pada fitur-fitur nya yang lumayan lengkap kita pun merasa puas dengan adanya akses untuk browsing. Kemudian menu utamanya yang lumayan luas. Namun ponsel ini kurang memuaskan dalam mengambil gambar (foto) yang agak kuarang focus. Kemudian pada pemutar musik cukup bagus secara langsung kita dapat menemukan ikon secara langsung, namun kurangnya maksimal bahwa tidak adanya equalizer.



Sumber :
Tabloid Pulsa (Referensi Spesifikasi & Harga Handphone Terpecaya). Dwi Mingguan Edisi 193 Th VIII/2010/13-26 Oktober. Halaman 6


KIKI NURMAKIYAH
10507297

Tidak ada komentar: