Minggu, 11 Oktober 2009

KEKUASAAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU

1. Kekuasaan yang ada pada diri seseorang , karena merasa dirinya senior. Di dalam dirinya ada sebuah wewenang yang dimilikinya dengan mengatur tingkatan dibawahnya, karena jabatan sebagai ketua osis yang dimilikinya dan dirinya lah yang paling berkuasa di sekolah.

Contohnya; Adik kelas yang diperintahkan untuk membersihkan halaman sekolah.

Adanya perubahan perilaku p-ada adik kelasnya yang tadinya tidak pernah memebersihkan halaman , keterpaksaan mereka mau membersihkan halaman sekolah tersebut, karena adanya perintah dari ketua osis mereka. Memungkinkan ketua osis mempunyai sifat yang otoriter.. Banyak pengaruh perilaku yang dilakukan oleh adik-adik kelasnya setelah ketua osis sudah tidak menjabat lagi . Dan itu dilakukan oleh salah satu murid yang terpilih menjadi ketua osis dengan pengaruh perilaku mantan ketua osis yang dahulu.

2. Sebuah penekanan pada seorang anak yang selalu diperintahkan oleh ibunya untuk belajar setiap hari sehabis makan sore. Adanya sebuah penekan pada seorang anak maka pengaruh pun terjadi pada drinya untuk selalu belajar setiap harinya.

Contohnya; si anak yang tadinya selalu disuruh beljar oleh ibunya kini tanpa disuruh si anak mau belajar karna adanya penekanan dari ibunya.

3. keinginan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari hubungan dengan orang lain. Hal tersebut mungkin akan terlihat begitu dekat sampai-sampai tidak bisa dibedakan tergantung kepada siapa anda berinteraksi. dan masalahnya: seorang manusia tidak bisa membaca pikiran orang lain dengan tepat.

Contohnya; Modus penipuan yang sering terjadi dalam angkutan umum, misalkan si penipu itu menawarkan suatu barang kepada targetnya, dengan segala cara, rayuan dan perkataan dia berusaha untuk membuat si korban percaya dengan apa yang dia tawarkan.,

4. Bekerja sama dalam membangun sebuah kelompok yang baik dengan sebuah proses agar mudah untuk dikerjakan secara bersamaan dalam satu kelompok. Tidak hanya kerjasama saja yang dilakukan dalam kelompok, namun harus ada sebuah pertanggung jawaban dalam menjalankan kerjasama yang baik dan mudah prosesnya. Dan juga ada komunikasi yang baik secara jelas untuk melakukan kerjasama.

Contohnya; mari kita kerjakan tugas yang diberikan oleh guru kita. Kita bagi-bagi ya tugasnya..

5. Mempengaruhi dalam bekerjasama antara Bos dan anak buahnya. Anak buahnya yang mau di perintahkan oleh bosnya agar anak buahnya rajin dalam bekerja. Karna bosnya mempunyai sebuah wewenang di perusahaan tersebut maka bos berhak mengatur anak buahnya untuk melakukan kerjasama yang baik.

Contohnya; ada sebuah perasaan yang mempengaruhi dirinya dari si bos yang suka memberikan perintah padanya.

Tidak ada komentar: